4 Februari 2023 11:20 am

10 Alternatif Hiburan Agar Keluarga Tidak Main HP Sendiri-sendiri

10 Alternatif Hiburan Agar Keluarga Tidak Main HP Sendiri-sendiri
Mungkin saat ini setiap anggota keluarga sudah punya gawai berupa HP masing-masing. Tidak ada yang salah dengan memiliki perangkat HP pribadi. Apalagi jika HP tersebut memang dibutuhkan untuk bekerja dan bersekolah.

Akan tetapi, HP sering menimbulkan masalah, terutama dalam hubungan di keluarga. Istilahnya, HP mendekatkan yang jauh sekaligus menjauhkan yang dekat. HP membuat kita bisa menjalin silaturahmi dengan keluarga nan jauh di pulau lain. Namun di saat yang sama, mata kita yang terus menatap layar HP membuat kita mulai kurang peduli dengan orang-orang di sekitar, termasuk keluarga.

Banyak keluarga yang main HP sendiri-sendiri padahal secara fisik mereka sedang berada di tempat yang sama. Misalnya sedang makan di restoran, sembari menunggu hidangan datang mereka membuka WhatsApp atau media sosial di HP sendiri-sendiri. Saat di rumah pun tidak ada cengkrama seperti dulu. Yang ada adalah suara dari video-video TikTok atau YouTube yang saling bersahutan di rumah.

Jika hal ini terus dibiarkan, lama kelamaan hubungan di keluarga inti bisa saja merenggang karena setiap anggota keluarga tidak saling mengenal. Namun, kadang orang tua pun merasa bingung dan kikuk ketika akan mengajak keluarga melakukan suatu aktivitas. Banyak yang tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika sedang bersama keluarga, yang kemudian membuat mereka kembali menatap layar HP.

Ada banyak alternatif hiburan yang bisa dijajal untuk bersenang-senang bersama keluarga. Seperti ini contohnya.

1. Pergi ke taman bermain atau ke tempat rekreasi lokal

Di setiap kota pasti ada taman kota yang bisa dikunjungi secara gratis maupun berbayar. Di taman atau tempat terbuka, keluarga bisa diajak untuk mencoba permainan olahraga seperti voli, sepak bola, atau kasti. Sekadar menggelar karpet dan piknik pun tidak ada salahnya.

2. Berjalan-jalan atau bersepeda

Minggu pagi adalah saat yang tepat untuk berjalan-jalan atau bersepeda. Kita bisa jelajahi wilayah tempat tinggal sekitar dengan bersama keluarga.

3. Bermain permainan di rumah

Untuk tipe orang yang malas pergi keluar rumah, menikmati quality time bersama keluarga pun tetap bisa dilakukan. Sediakan permainan papan, seperti monopoli, ular tangga, jenga, catur, atau kartu. Akan lebih seru lagi jika ada hadiah dan hukuman.

Hubungan suami istri jangan sampai jauh dan renggang. Pakai ini pasti hubungan sama misua makin rekat!
Hubungan suami istri jangan sampai jauh dan renggang. Pakai ini pasti hubungan sama misua makin rekat!

4. Pergi ke bioskop atau menonton film di rumah

Nonton film di bioskop juga bisa menjadi pilihan, terutama untuk keluarga yang pencinta sinema. Tapi jika tiket bioskop dirasa mahal, orang tua bisa mengajak anak-anak untuk berkumpul di ruang tengah dan nonton film dari platform OTT, seperti Netflix atau Disney+.

5. Pergi berkemah di alam terbuka

Berkemah tidak perlu menunggu anak merasakannya saat pramuka. Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si anak ke alam terbuka untuk berkemah. Saat ini ada banyak tempat kemah yang bisa dijajal dengan harga yang relatif terjangkau.

6. Memasak atau membakar makanan bersama

Masak-masak bersama keluarga juga menyenangkan untuk dilakukan. Tinggal siapkan panggangan barbeku lengkap dengan daging, jagung, atau seafood. Untuk anak-anak, bisa siapkan juga marshmellow untuk dibakar di bara api.

7. Menanam sayuran atau bunga bersama keluarga

Menanam tanaman sedang happening ketika pandemi. Tak perlu takut ketinggalan tren. Ayah dan Bunda bisa melakukannya di rumah. Lahan yang dibutuhkan tak perlu besar karena sudah ada trik untuk menanam tanaman dalam pot atau hidroponik.


8. Mengunjungi tempat-tempat edukatif

Ayah dan Bunda bisa mengajak putra-putrinya, terutama yang masih kecil, untuk diperkenalkan pada tempat-tempat edukatif. Museum, kebun binatang, perpustakaan, atau pameran seni bisa jadi pilihan. Eits, tidak perlu takut bosan karena kini sudah banyak tempat edukatif yang seru dan menarik.

9. Menonton pertunjukan musik atau pertandingan olahraga

Keluarga artistik atau atletis pasti suka dengan nonton konser atau pertandingan olahraga. Pilihan ini bisa menjadi acara yang cocok untuk mengajak semua keluarga. Seru banget kan bisa bernyanyi dan suporteran bersama.

Selain hubungan antaranggota keluarga, hubungan sama misua juga harus mesra dong. Produk ini bakal bikin suami istri makin lengket! Sudah halal dan BPOM!
Selain hubungan antaranggota keluarga, hubungan sama misua juga harus mesra dong. Produk ini bakal bikin suami istri makin lengket! Sudah halal dan BPOM!

10. Buat acara makan malam bersama keluarga

Makan malam bersama keluarga tak melulu di restoran. Sekali-kali, adakan dinner di rumah. Makanan dimasak dan dihabiskan sendiri oleh semua anggota keluarga. Sambil dinner, cobalah untuk saling mengobrol dan bercanda. Pasti waktu 3 jam tidak akan terasa.

Banyak sekali kan alternatif hiburan yang bisa dipilih keluarga untuk menghabiskan quality time dan sejenak menjauhkan diri dari HP masing-masing. Hiburan-hiburan tadi bisa mendekatkan diri antaranggota keluarga. Ayah dan Bunda bisa memilih hiburan yang sesuai dengan minat dan usia anggota keluarga, agar semua orang dapat menikmatinya bersama. (*NAFF/Pixabay)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.