6 Februari 2023 2:24 pm

10 Cara Cegah Rambut Memutih di Usia Muda

10 Cara Cegah Rambut Memutih di Usia Muda
Rambut memutih merupakan hal yang umum dialami oleh banyak orang, terutama pada usia yang lebih tua. Penyebab utama rambut memutih adalah proses penuaan yang terjadi secara alami.

Tapi jika kita perhatikan, banyak orang yang belum berusia tua tapi sudah mulai memutih rambutnya. Kini pegawai berusia produktif, ibu rumah tangga yang masih muda, bahkan mahasiswa sekalipun sudah mulai memiliki uban. Usia mereka bahkan belum menyentuh angka kepala 3 atau 4, tapi rambutnya sudah menampakkan tanda-tanda penuaan.

Uban tentu bikin penampilan jadi kurang keren dan menurunkan kepercayaan diri. Biasanya jalan ninja yang dipilih adalah mencabut uban atau menyemir rambut untuk menutupi uban yang sudah kelewat banyak. Sebelum melakukan penanganan untuk uban yang telanjur tumbuh, sebenarnya ada tindakan preventif. Uban bisa dicegah, kok. Contohnya dengan cara-cara berikut.

1. Hindari terpapar sinar matahari terlalu lama tanpa perlindungan

Sinar matahari yang terlalu terik dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah rusak. Jika harus terpapar sinar matahari, gunakan topi atau syal untuk melindungi rambut dari sinar matahari saat berada di luar ruangan.

2. Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung UV filter

Ini akan membantu melindungi rambut dari sinar matahari dan membantu mencegah rambut memutih.

3. Jauhi penggunaan produk-produk styling yang terlalu kuat

Kurangi pemakaian produk styling yang kuat dan mengandung terlalu banyak bahan kimia, seperti hair spray atau pewarna rambut yang kuat. Hindari juga terlalu sering menggunakan styling tools yang terlalu panas, seperti catokan rambut dan hair dryer. Ini dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut memutih.

Nggak perlu dikit-dikit semir rambut kalau sudah pakai produk ini. Rambut hitam berkilau dalam seminggu!
Nggak perlu dikit-dikit semir rambut kalau sudah pakai produk ini. Rambut hitam berkilau dalam seminggu!

4. Pilih sampo dan kondisioner yang tepat

Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan yang akan membantu mencegah kerusakan pada rambut. Pilih produk yang tepat dan sesuai dengan jenis rambut serta jangan lupa untuk membaca labelnya untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung zat yang dapat merusak rambut. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Selain itu, menggunakan kondisioner, dan jika perlu hair mask atau serum, akan membantu menjaga kelembaban dan kekuatan rambut serta membantu mencegah rambut memutih.

5. Jaga kebersihan rambut dengan teratur

Bersihkan rambut secara teratur tapi jangan terlalu sering mencuci rambut. Mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan rambut untuk tetap sehat, sehingga rambut menjadi kering dan mudah rusak.

6. Perlakukan rambut dengan lembut

Hindari menyisir rambut secara terlalu keras atau memakai sisir yang terlalu tajam, karena ini dapat merusak rambut dan menyebabkannya menjadi kusam.


7. Batasi pemakaian produk-produk kecantikan yang mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut

Jika terpaksa harus menggunakan produk yang mengandung bahan kimia, pastikan untuk mencuci rambut dengan ekstra hati-hati untuk menghilangkan residu yang dapat merusak rambut.

8. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan

Antioksidan dapat membantu mencegah kerusakan pada rambut dan mencegah rambut memutih. Makanan yang kaya akan antioksidan termasuk buah-buahan segar dan sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

9. Konsumsilah makanan yang kaya akan protein, zat besi, dan vitamin

Selain makan makanan kaya antioksidan, konsumsi juga makanan dengan protein, vitamin, dan mineral. Sebab nutrisi ini dapat membantu menjaga kesehatan rambut dari dalam.

Ubanan padahal belum lansia? Kembalikan warna rambut alamimu dengan satu produk super ini!
Ubanan padahal belum lansia? Kembalikan warna rambut alamimu dengan satu produk super ini!

10. Jaga kesehatan tubuh secara keseluruhan

Konsumsi makanan yang sehat dan cukup minum air putih dapat membantu menjaga kesehatan rambut dari dalam. Juga, hindari merokok karena ini dapat merusak struktur rambut, menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh, kusam, dan mudah rusak.

Kesepuluh cara tersebut sangat ampuh untuk mencegah rambut memutih di usia muda. Kesabaran dan ketelatenan adalah kunci untuk melawan tumbuhnya uban di usia muda. (*NAFF/Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.