7 Februari 2023 1:33 pm

3 Tempat Wisata Ciamik di Indonesia yang Tawarkan Wahana Naik Balon Udara

3 Tempat Wisata Ciamik di Indonesia yang Tawarkan Wahana Naik Balon Udara
Balon udara selalu menjadi transportasi udara yang ingin dicoba oleh sebagian besar orang, setidaknya sekali seumur hidup. Balon udara agaknya sudah menjadi bagian dari imajinasi dan impian banyak orang.

Sebelum ada pesawat, balon udara adalah transportasi udara sukses mengudara sambil membawa awak. Penerbangan pertama balon udara berlangsung di Prancis pada 1783. Sebelum dikenal sebagai transportasi yang lebih banyak digunakan untuk rekreasi dan hiburan, balon udara sempat menjadi kendaraan tempur dalam perang pada 1794 saat Perang Fleurus meletus.

Untuk menikmati pemandangan dari atas balon udara, kita tak perlu jauh-jauh ke Cappadocia, Turki. Sebelumnya Cappadocia terkenal melalui sebuah serial yang menyebut-nyebut tempat di dataran tinggi itu.

Di Indonesia pun tersebar banyak lokasi berlibur yang tawarkan wahana naik balon udara. Lokasi-lokasi berikut bisa menjadi rekomendasi bagi Ayah dan Bunda yang ingin menghabiskan waktu luang bersama keluarga.

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung yang terletak di perbatasan empat kabupaten di Jawa Timur ini tak hanya elok akan keindahan pemandangan alamnya. Pengunjung yang bertandang ke Gunung Bromo pun bisa menjajal naik balon udara.

Wahana balon udara di Taman Nasional Gunung Bromo terletak di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Balon udara di Taman Nasional Gunung Bromo ini terbang di ketinggian 50 meter dengan durasi 10 menit. Dari ketinggian, pelancong dapat merasakan indahnya pemandangan puncak gunung Bromo, Semeru, dan Batok. Untuk bisa merasakannya, kita perlu merogoh kocek hingga Rp500 ribu.

Foto-foto di balon udara jadi tambah sempurna kalau wajah memesona. Pakai ini aja biar glowing setiap waktu.
Foto-foto di balon udara jadi tambah sempurna kalau wajah memesona. Pakai ini aja biar glowing setiap waktu.

Jika Ayah, Bunda, atau keluarga memiliki acrophobia atau takut pada ketinggian tapi tetap ingin merasakan pengalaman naik balon udara, ada juga pilihan lainnya. Dengan biaya Rp150 ribu, kita bisa berfoto dan mengenal bagian-bagian balon udara dari dekat ketika tidak sedang terbang. Atau jika ingin sekadar lihat penerbangan balon udara, kita bisa menyaksikannya pula tanpa biaya. Tertarik coba?

2. Tanah Gajah Ubud, Bali

Jika Ayah dan Bunda sedang berada di Bali, tak ada salahnya untuk sekalian naik balon udara di kawasan Ubud. Di Tanah Gajah Resort Ubud, pengunjung dapat mencicipi pengalaman mengudara bersama balon udara dari ketinggian 50 meter selama 10 menit. Selama di ketinggian, pelancong akan dapat melihat pemandangan super cantik berupa hamparan sawah dan Gunung Agung.

Ayah dan Bunda yang tertarik ke sini harus reservasi terlebih dahulu, ya. Tanah Gajah Resort Ubud melayani penerbangan balon udara pada jam operasional pagi hari pada pukul 6:30 - 7:30 WITA dan sore hari pada pukul 17:30 - 18:30 WITA. Harganya cukup menguras kantong, yakni Rp1,2 juta hingga Rp1,8 juta. Tapi untuk pengalaman yang keren, harga segitu mungkin bukan apa-apa ya bagi Ayah dan Bunda.

3. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Warga DKI Jakarta yang enggan pergi jauh-jauh ke Jawa Timur atau Bali untuk menjajal pengalaman naik balon udara tidak perlu risau. Di Ibukota pun ada wahana balon udara, kok. Lokasinya ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Untuk bisa naik balon udara berbentuk bulat ini, Ayah dan Bunda harus datang ke area taman bunga keong emas TMII. Jangan lupa cocokkan waktu kedatangan dengan jam operasionalnya, yakni 09-00-17.00 untuk hari biasa atau 09.00-19.00 WIB saat weekend, ya. Setelah membayar biaya sebesar Rp100 ribu untuk dewasa dan Rp60 ribu untuk anak-anak, Ayah, Bunda, dan keluarga bisa menatap pemandangan Jakarta dari ketinggian 150 meter dan durasi 15 menit.

Wahana balon udara sudah ciamik, wajah juga harus cantik. Pakai produk ini biar glowing setiap saat!
Wahana balon udara sudah ciamik, wajah juga harus cantik. Pakai produk ini biar glowing setiap saat!

Tak perlu jauh-jauh naik pesawat terlebih dahulu ke Turki untuk menjajal sensasi terbang di langit dengan menaiki balon udara. Di Indonesia pun ada banyak pilihan destinasi wisata yang tawarkan wahana naik balon udara. Liburan panjang nanti jangan lupa agendakan untuk datang ke salah satu dari tiga tempat wisata tadi ya, Ayah dan Bunda. (*NAFF/Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.