6 Februari 2023 2:35 pm

Waspada di Musim Hujan, Ini 5 Tanda-tanda Imunitas Tubuh Lemah

Waspada di Musim Hujan, Ini 5 Tanda-tanda Imunitas Tubuh Lemah
Sakit kala peralihan musim sangat sering terjadi pada sebagian orang. Cuaca yang tidak menentu, ketika pagi cerah tapi hujan turun begitu siang atau sore datang, membuat banyak orang cenderung mudah sakit. Belum lagi jika sedang musim hujan dengan hujan deras turun sepanjang waktu, jatuh sakit seakan-akan jadi wajar dialami.

Saat sedang musim hujan maupun peralihan musim seperti sekarang ini, imunitas tubuh harus menjadi perhatian kita. Imunitas tubuh adalah kemampuan tubuh kita untuk melindungi diri dari serangan berbagai macam penyakit.

Namun, tidak jarang kita mengalami penurunan imunitas yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang tidak sehat, stres, dan kurangnya olahraga. Penurunan imunitas ini tentu saja tidak diinginkan, karena akan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Agar kita dapat melindungi diri dari penyakit-penyakit yang menyertai turunnya hujan di musim penghujan dan peralihan musim, kita harus menguatkan imunitas tubuh. Tapi, bagaimana jika kekebalan tubuh sedang drop? Nah, di artikel ini akan dibahas tanda-tanda kekebalan tubuh sedang menurun sehingga kita bisa langsung mengatasinya dan mencegah penyakit menyerang.

Ini dia beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh kita sedang lemah, di antaranya:

1. Kurang selera makan

Jika kita sedang merasa kurang selera makan, merasa tidak lapar, atau tidak bisa makan seperti biasanya bisa jadi tanda bahwa kekebalan tubuh sedang lemah. Tapi usahakan untuk tetap mengisi perut. Sebab, jika kita tidak makan sama sekali, kita berpeluang kekurangan nutrisi karena tidak ada asupan yang masuk ke dalam tubuh.

2. Luka yang lama sembuh

Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah cenderung memiliki luka yang lambat sembuh. Jadi, coba cek apakah luka atau jerawat lama sembuhnya. Jika ya, kemungkinan itulah tanda kekebalan tubuh lemah.

3. Letih atau lesu

Tubuh yang cenderung mudah lelah juga merupakan tanda-tanda kekebalan tubuh yang lemah. Kelelahan pun juga dapat memicu menurunnya imunitas tubuh.

4. Mudah terkena infeksi

Orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah cenderung mudah terkena infeksi, seperti flu, batuk, atau pilek. Selain itu, orang yang imunitasnya kurang juga cenderung mudah terinfeksi oleh bakteri penyebab penyakit, seperti salmonella atau E. coli.

5. Mudah sakit

Jika Anda sering sakit dengan mudah, ini bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda lemah. Sakit, seperti sakit kepala atau sakit perut, merupakan gejala sekaligus akibat dari sistem imunitas tubuh yang lemah.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan jika imunitas tubuh sedang lemah? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

• Makan makanan yang sehat. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.
• Minum cukup air putih. Air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
• Berolahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengeluarkan stres.
• Tidur cukup. Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kekebalan tubuh. Pastikan untuk tidur 7-9 jam setiap malamnya.
• Hindari merokok dan minum minuman beralkohol. Rokok dan minuman beralkohol dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.
• Kurangi stres. Stres dapat menurunkan kekebalan tubuh. Cari cara untuk mengelola stres, seperti melakukan olahraga, meditasi, atau mengobrol dengan orang terdekat.
• Konsumsi suplemen. Jika perlu, perkuat kekebalan tubuh dengan suplemen kesehatan. (*NAFF/Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.