30 Januari 2023 2:13 pm

4 Jenis Ikan Predator yang Bisa Dijadikan Santapan Lezat

4 Jenis Ikan Predator yang Bisa Dijadikan Santapan Lezat
Edukasi gemar makan ikan sedang marak disosialisasikan oleh pemerintah dan institusi pendidikan. Rutin makan ikan memberikan dampak yang begitu besar bagi tubuh berkat beragamnya nutrisi yang dikandungnya. Selain itu, ikan juga menjadi salah satu sumber gizi kompleks agar menu di meja makan Bunda tak hanya diisi oleh protein dari ayam dan telur.

Ada berbagai macam ikan yang bisa menjadi santapan keluarga Bunda di rumah. Namun, tahukah Bunda bahwa ada ikan predator yang dapat diolah menjadi kudapan lezat nan bergizi? Beberapa ikan di antaranya juga mungkin sudah Bunda kenal sebelumnya. Berikut ini empat jenis ikan predator yang bisa menjadi santapan lezat.

1. Ikan tuna

Bunda pasti pernah setidaknya sekali mencicipi hidangan ikan tuna, bukan? Tahukah Bunda kalau ikan tuna termasuk ikan predator?

Ikan tuna merupakan salah satu ikan paling populer yang dimakan di seluruh dunia. Ikan ini dapat ditemukan di lautan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Ikan yang termasuk dalam keluarga Thunnidae ini termasuk dalam kelompok ikan pemakan daging atau predator. Ikan tuna adalah salah satu ikan pelagis terbesar di dunia dan merupakan salah satu ikan pemangsa terkuat di laut. Makanan utamanya adalah berbagai jenis ikan kecil dan invertebrata lainnya, termasuk udang, kepiting, dan cacing laut. Ikan tuna juga dapat memangsa ikan yang lebih kecil.

Ikan punya banyak manfaat, salah satunya percepat penyembuhan luka. Dalam 15 hari bisa sembuh tanpa bekas? Cek caranya di sini!
Ikan punya banyak manfaat, salah satunya percepat penyembuhan luka. Dalam 15 hari bisa sembuh tanpa bekas? Cek caranya di sini!

Tuna biasanya diolah menjadi daging ikan segar atau dibekukan, atau diolah menjadi produk olahan ikan seperti tuna kaleng. Ikan tuna dipercaya dapat membantu mengatasi anemia dan mengontrol gula darah.

2. Ikan salmon

Siapa nih yang suka mengolah dan makan ikan salmon? Ikan salmon merupakan ikan predator yang umum ditemukan di lautan Atlantik dan Pasifik Utara. Ikan salmon termasuk dalam keluarga Salmonidae dan biasanya termasuk dalam kelompok ikan pemakan daging. Selama masa pertumbuhannya, ikan salmon makan berbagai jenis makanan seperti plankton, kepompong, dan serangga air. Namun, setelah tumbuh dewasa, ikan salmon biasanya beralih ke makanan yang terdiri dari ikan kecil dan invertebrata lainnya.

Ikan ini dapat diolah menjadi daging ikan segar atau dibekukan, atau diolah menjadi produk olahan ikan seperti salmon kaleng atau ikan asap. Ikan salmon sangat baik untuk kesehatan jantung, kulit, dan mata.

Ikan salmon bisa dimakan mentah sebagai sashimi atau diolah jadi hidangan lezat. (https://www.freepik.com/author/freepik)
Ikan salmon bisa dimakan mentah sebagai sashimi atau diolah jadi hidangan lezat. (https://www.freepik.com/author/freepik)

3. Ikan Swordfish

Swordfish atau yang juga dikenal sebagai todak adalah ikan predator yang banyak ditemukan di laut lepas. Ikan ini tampak unik dengan ciri khasnya yang berupa paruh panjang seperti pedang. Ikan todak kaya akan omega 3 dan vitamin D. Ikan yang termasuk ikan pelagis besar ini umumnya dapat ditemukan di laut tropis dan subtropis. Makanan olahan ikan todak umumnya berupa makanan laut segar dan kalengan.

Akan tetapi, Bunda yang sedang hamil disarankan untuk pantang mengonsumsi ikan todak. Pasalnya, ikan todak mengandung merkuri yang dapat berbahaya bagi ibu dan janin. Bunda yang sedang tidak mengandung boleh mencicipi hidangan olahan ikan todak, tapi dianjurkan untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa ikan todak yang akan dikonsumsi telah diolah dengan benar dan aman untuk dikonsumsi.

4. Ikan gabus

Ikan channa adalah jenis ikan yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Ikan channa tergolong ke dalam keluarga Channidae dengan nama latin Channa striata yang juga dikenal sebagai ikan gabus. Ikan channa biasanya memangsa udang kecil, ikan kecil, cacing, dan serangga air.

Ikan gabus bantu percepat pemulihan luka pasca-operasi. Mau konsumsi ikan gabus tanpa ribet mancing dan masak? Cek di sini!
Ikan gabus bantu percepat pemulihan luka pasca-operasi. Mau konsumsi ikan gabus tanpa ribet mancing dan masak? Cek di sini!

Si predator kecil ini biasa disantap sebagai gulai, sup, hingga mangut. Selain itu, ikan channa juga sangat populer sebagai obat, khususnya membantu mempercepat pemulihan luka pasca-operasi, menyembuhkan pembengkakan tulang, dan meredakan nyeri. Kulit ikan gabus yang diolah dengan benar juga dapat menjadi sumber collagen yang sangat bermanfaat untuk Kesehatan dan kecantikan kulit. Rasanya segar, manfaatnya besar.

Itulah empat jenis ikan predator yang bisa menjadi santapan lezat. Rupanya, tak semua ikan predator dilarang untuk dimakan. Sebab, beberapa di antaranya justru sudah umum diolah sebagai makanan dengan beragam manfaatnya pula. Bunda tertarik mencicipinya? (*NAFF/Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.