4 Februari 2023 1:18 pm

8 Cara Hindari Pegal Karena Duduk Terlalu Lama Saat Kerja

8 Cara Hindari Pegal Karena Duduk Terlalu Lama Saat Kerja
Pegal merupakan salah satu masalah yang umum dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang sering duduk terlalu lama. Banyak orang yang merasa tidak nyaman dan merasa pegal setelah duduk terlalu lama, khususnya saat bekerja di kantor maupun work from home di rumah. Hal ini terjadi karena posisi duduk yang tidak nyaman atau kurang ergonomis, yang dapat menyebabkan tekanan pada tubuh dan menyebabkan rasa sakit atau pegal pada bagian tubuh tertentu.

Selain mengganggu aktivitas sehari-hari, pegal juga dapat menyebabkan nyeri pada bagian tubuh yang terkena. Namun, tahukah Bunda bahwa pegal ternyata dapat dicegah dengan cara-cara yang mudah? Seperti ini caranya, Bunda.

Aktif Bergerak

Selama 8 jam kerja, jangan duduk secara terus menerus, Bunda. Aktiflah menggerakkan tubuh setiap 30-60 menit selama Bunda duduk untuk meregangkan otot-otot pinggul dan tulang belakang yang kaku. Gerakan yang bisa Bunda lakukan tidak perlu terlalu berat. Gerakan-gerakan yang ringan saja, seperti berdiri atau berjalan sejenak, memutar bahu, mengangkat kaki, menggerakkan tangan, atau melakukan gerakan-gerakan kecil pada leher dan punggung.

Nyeri sendi bisa disembuhkan dengan bahan herbal. Asal produknya aman dengan sertifikat BPOM dan halal. Produk ini contohnya!
Nyeri sendi bisa disembuhkan dengan bahan herbal. Asal produknya aman dengan sertifikat BPOM dan halal. Produk ini contohnya!

Atur Postur Tubuh

Atur posisi duduk Bunda dengan benar, pastikan kaki menyentuh lantai dengan nyaman. Gunakan kaki penyangga jika diperlukan. Pastikan juga posisi duduk Bunda agar nyaman dengan mengatur ketinggian kursi dan meja sesuai dengan tinggi tubuh. Jaga postur tubuh yang benar saat duduk, dengan menjaga dan memastikan bahwa Bunda tidak membungkuk dan tidak menekuk leher Anda ke depan terlalu jauh.

Atur Posisi Komputer

Tak hanya tubuh, perangkat komputer juga harus ditata sedemikian rupa. Atur posisi layar komputer atau televisi agar tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi, sehingga Bunda tidak perlu menunduk atau menengadahkan kepala terlalu jauh. Pengaturan letak komputer juga bertujuan agar mata tidak perlu menatap ke bawah atau ke atas terlalu tajam. Letak komputer yang baik berada pada tinggi mata Bunda.

Gunakan peralatan kerja yang ergonomis

Kenyamanan sangat penting ketika sedang bekerja. Pakailah peralatan yang ergonomis, seperti kursi yang nyaman dan mendukung tulang belakang Bunda dengan baik, terutama jika Bunda harus duduk lama di depan komputer. Jika perlu, pasang bantal untuk menopang kepala dan leher saat Bunda duduk terlalu lama dan kursi dengan fitur-fitur yang dapat diatur, seperti sandaran tangan dan kaki.

Gunakan juga meja yang sesuai tinggi sehingga Bunda dapat menempatkan komputer atau dokumen di atasnya sambil berdiri. Dengan begitu Bunda bisa berganti-ganti posisi antara duduk dan berdiri.

Pilih juga meja yang memiliki permukaan yang cukup luas untuk memungkinkan Bunda menaruh keyboard dan mouse di tempat yang nyaman. Jika bisa, pakai juga keyboard dan mouse yang dirancang khusus untuk kenyamanan pengguna.

Gunakan pakaian yang nyaman

Saat bekerja, hindari memakai pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar yang dapat menyebabkan Bunda merasa tidak nyaman. Gunakan juga alas kaki yang nyaman dan tidak terlalu ketat.

Konsumsi air yang cukup

Meskipun bekerja di depan komputer dan tidak banyak melakukan kegiatan fisik, konsumsi air minum harus tetap cukup. Minum cukup air dapat menjaga kelembaban tubuh dan mencegah kaku pada otot-otot sehingga rasa pegal dapat terhindarkan.

Rutin olahraga

Di waktu luang, jangan lupa untuk berolahraga ya, Bunda. Berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang belakang dan memperkuat otot-otot tubuh.

Pastikan pegal yang kamu alami bukan nyeri sendi. Kalau nyeri sendi, pakai produk ini biar sembuh. Bonus kesehatan dan kecantikan loh!
Pastikan pegal yang kamu alami bukan nyeri sendi. Kalau nyeri sendi, pakai produk ini biar sembuh. Bonus kesehatan dan kecantikan loh!

Istirahat teratur

Setelah pulang bekerja, manfaatkan waktu untuk beristirahat secara teratur dan berkualitas. Istirahat yang teratur dapat membantu mencegah kelelahan.

Sangat disarankan untuk melakukan delapan cara hindari pegal karena duduk terlalu lama saat kerja yang telah disebutkan di atas. Pegal memang tidak nyaman, namun kenyamanan juga dapat mencegah pegal. (*NAFF/Freepik)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.