3 Februari 2023 2:11 pm

8 Perbedaan Yoga dan Pilates: Ketahui yang Tepat untuk Olahraga

8 Perbedaan Yoga dan Pilates: Ketahui yang Tepat untuk Olahraga
Olahraga mutlak diperlukan oleh tubuh. Tanpa melakukan olahraga dalam kurun waktu tertentu, akan ada banyak perubahan dari tubuh yang sangat tidak nyaman, seperti badan menjadi mudah pegal, imunitas menurun, dan badan mudah capek meski tidak beraktivitas berat.

Setiap orang memiliki preferensi atau kesukaan masing-masing dalam berolahraga. Ada yang suka olahraga jogging, permainan bola, maupun olahraga yang lebih bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Bicara soal olahraga yang menaikkan kelenturan tubuh, ada dua olahraga fisik populer yang selalu diperbincangkan dalam topik ini, yakni yoga dan pilates.

Yoga dan pilates merupakan dua jenis latihan fisik yang populer, yang keduanya dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental. Namun, meskipun keduanya memiliki beberapa kemiripan, terdapat beberapa perbedaan yang signifikan antara keduanya. Ini dia perbedaan yoga dan pilates yang perlu diketahui Bunda sebelum menentukan salah satu dari keduanya untuk dijadikan rutinitas berolahraga.

1. Asal

Pertama, asal kedua olahraga ini berbeda. Yoga berasal dari India, sementara Pilates berasal dari Jerman.

2. Fokus

Yoga lebih menekankan pada pengembangan kesadaran diri, keselarasan dengan alam, dan meditasi. Yoga juga lebih terfokus pada peningkatan fleksibilitas, keseimbangan, konsentrasi mental, dan relaksasi mental. Sementara itu, pilates lebih menekankan pada pengembangan kekuatan dan koordinasi tubuh, terutama pada otot-otot bagian tengah tubuh, termasuk perut, punggung bawah, dan pinggul.

Jangan lupa jaga imunitas dengan olahraga dan makan makanan bergizi. Optimalkan dengan suplemen kesehatan murah dan BPOM ini juga!
Jangan lupa jaga imunitas dengan olahraga dan makan makanan bergizi. Optimalkan dengan suplemen kesehatan murah dan BPOM ini juga!

3. Posisi

Yoga menggunakan berbagai posisi duduk, berdiri, dan terlentang yang membentuk gerakan yang disebut asanas. Yoga mencakup gerakan yang lebih dinamis dan fluid. Pilates menggunakan posisi yang lebih terbatas karena lebih statis dan terkendali.

4. Peralatan

Pilates biasanya memerlukan peralatan yang lebih banyak dibanding yoga. Pilates sering menggunakan peralatan seperti reformer atau Cadillac. Sebaliknya, yoga biasanya dilakukan di lantai dengan menggunakan matras atau mat, atau bahkan tanpa peralatan sama sekali.

5. Intensitas

Yoga dapat dilakukan dengan intensitas yang berbeda, mulai dari yang santai hingga yang lebih intens. Pilates biasanya dilakukan dengan intensitas yang lebih tinggi daripada yoga, terutama ketika menggunakan alat-alat karena Pilates lebih fokus pada pengembangan kekuatan otot. Namun, ada juga beberapa jenis yoga yang cukup intens, seperti vinyasa atau ashtanga yoga.

6. Pilihan Gerakan

Yoga menyediakan berbagai pilihan gerakan yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan individu. Jadi bisa dikatakan bahwa yoga lebih fleksibel dan tidak terpola. Sementara itu pilates memiliki serangkaian gerakan yang lebih struktur dan terpola karena telah ditentukan yang harus dilakukan secara berurutan.

7. Filosofi

Yoga memiliki komponen filosofi yang lebih besar daripada pilates, yang lebih fokus pada pengembangan kekuatan fisik dan keseimbangan. Yoga juga mencakup prinsip-prinsip spiritual seperti meditasi dan kontemplasi.

Badan bugar berkat olahraga dan satu produk suplemen kesehatan ini. Bonus kulit glowing!
Badan bugar berkat olahraga dan satu produk suplemen kesehatan ini. Bonus kulit glowing!

8. Teknik pernapasan

Pilates menekankan pada teknik pernapasan yang dalam dan kontrol, sementara yoga menekankan pada pernapasan dalam dan ritmis.

Itulah delapan perbedaan yoga dan pilates. Bunda yang ingin coba berolahraga bisa mempertimbangkan perbedaan-perbedaan tadi sebelum memutuskan untuk melakukan salah satu di antara keduanya. Meskipun memiliki perbedaan, kedua olahraga fisik ini sama-sama dapat menyehatkan badan. (*NAFF/Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.