2 Februari 2023 2:47 pm

Mengenal Fitur Pelindung Mata: Tak Perih Lagi Saat Main HP

Mengenal Fitur Pelindung Mata: Tak Perih Lagi Saat Main HP
Smartphone, handphone, atau yang juga lebih sering disebut sebagai HP, sangat membantu setiap bagian dari kehidupan kita. HP yang semakin canggih dan pintar membuat banyak pekerjaan kita selesai dengan lebih mudah. Dengan HP, kita bisa mempromosikan dagangan dengan efektif, mengikuti pengajian secara online, menjalin silaturahmi dengan banyak orang, dan belajar hal baru dari YouTube.

Namun, kadang kala kita lupa waktu saat bermain HP. Kita lupa bahwa salah satu organ tubuh yang paling penting, yaitu mata, menatap layar HP terlalu lama. Penggunaan smartphone yang terlalu lama dapat menyebabkan masalah pada mata, seperti kelelahan, kering, dan iritasi. Padahal, mata harus dilindungi dengan baik.

Penting sekali untuk memahami cara melindungi mata saat bermain smartphone agar tetap sehat dan nyaman. Salah satu cara yang bisa Bunda gunakan untuk memproteksi mata dari sinar yang terpancar dari HP adalah dengan mengaktifkan fitur pelindung mata.


Apa itu pelindung mata?

Pelindung mata adalah fitur untuk melindungi mata pengguna, yang terdapat pada hampir semua HP dengan beragam merek. Fitur ini mengurangi gangguan warna dan kecerahan layar agar lebih ramah mata saat berlama-lama di depan layar. Fitur pelindung mata turut mengurangi cahaya biru (blue light) yang dipancarkan oleh layar dan membantu agar mata pengguna tidak merasa lelah.

Saat mengaktifkan fitur ini, Bunda akan merasa bahwa layar menjadi lebih redup dan kuning. Tak apa, itu artinya fitur ini bekerja. Sebab, fitur pelindung mata juga menyesuaikan warna layar dengan menciptakan tone warm pada layar sehingga pancaran sinar biru terminimalisir. Warna kuning dan oranye juga lebih ramah di mata dibanding putih atau biru yang terang.

Wajah tampak muda berkat kantong mata kencang! Cuma pakai produk ini aja kok!
Wajah tampak muda berkat kantong mata kencang! Cuma pakai produk ini aja kok!

Melalui fitur ini, pengguna dapat melihat layar mereka untuk jangka waktu yang lebih lama tanpa kekhawatiran mengenai efek samping buruk.

Cara mengaktifkan fitur pelindung mata

Sebenarnya fitur ini memiliki banyak nama di setiap merek HP. Di HP merek Infinix, OPPO, dan Vivo, fitur ini dinamakan Eye Care. Sementara itu, di HP Xiaomi dan Redmi, fitur pelindung mata bernama Reading Mode.

Apapun namanya, fitur ini bertujuan untuk mengurangi radiasi biru di layar yang akan dilihat oleh mata. Radiasi biru ini dapat menyebabkan rasa lelah dan sakit pada mata, sehingga dengan adanya fitur ini pengguna akan lebih aman dan nyaman ketika menggunakan HP.

Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan swipe atau usap ke bawah dari bagian teratas layar HP. Setelah itu, Bunda akan melihat berbagai macam menu, seperti mobile data atau data seluler, Wi-Fi, hingga Bluetooth. Temukan fitur pelindung mata yang biasanya menggunakan lambang yang wujudnya mirip seperti mata. Klik lambang tersebut dan tunggu beberapa saat hingga warna layar menjadi sedikit menguning. Setelah itu, Bunda dapat menggunakan HP sebagaimana biasanya.

Cara lain melindungi mata

Lalu bagaimana dengan HP yang belum dilengkapi fitur pelindung mata? Tenang, masih ada cara lainnya, Bunda. Dokter Riska Larasati melalui laman Alodokter mengungkapkan bahwa untuk mencegah mata menjadi lelah karena terlalu lama menatap HP adalah dengan cara mengatur pencahayaan atau brightness pada layar. Usahakan untuk tidak mengatur pencahayaan yang terlalu terang atau menyilaukan mata.

Sayangi mata dengan memberikan nutrisi yang tepat. Pakai cara praktis dan aman ini saja! Dijamin sudah halal dan BPOM.
Sayangi mata dengan memberikan nutrisi yang tepat. Pakai cara praktis dan aman ini saja! Dijamin sudah halal dan BPOM.

Usahakan agar mata tidak terlalu dekat saat menatap layar. Jarak pandang yang aman antara mata dan layar adalah sekitar 50-66 cm. Selain itu, terapkan rule of 20. Setiap kali Bunda menatap HP selama 20 menit, istirahatkan mata paling tidak selama 20 detik. Bunda bisa menatap ke luar ruangan, mengerjap-kerjapkan mata, atau mengompres mata. Dengan begitu, mata Bunda tidak lagi mudah lelah dan perih serta terhindar dari penyakit rabun. (*NAFF/Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.