24 Januari 2023 1:42 pm

Gala Sky Sudah Bisa Berdoa untuk Mendiang Vanessa Angel: 6 Tips Ajari Si Kecil Berdoa

Gala Sky Sudah Bisa Berdoa untuk Mendiang Vanessa Angel: 6 Tips Ajari Si Kecil Berdoa
Kepergian selebriti Tanah Air, Vanessa Angel dan Bibi Adriansyah, sudah hampir dua tahun lamanya. Putra semata wayang yang mereka tinggalkan, Gala Sky Adriansyah, kini tumbuh bersama keluarga mendiang Bibi Adriansyah. Semenjak tragedi kecelakaan yang menyebabkan kedua orang tuanya meninggal dunia, perhatian publik tak pernah luput dari Gala Sky.

Kabar terbaru menyebutkan bahwak kini Gala Sky sudah dapat melafalkan doa untuk mendiang kedua orang tuanya. Momen ini dibagikan oleh salah satu pengasuh Gala Sky melalui Instagram Story. Dalam video tersebut tampak Gala Sky yang sedang bersiap-siap untuk tidur menyebutkan bahwa papinya sudah pergi. Sembari menyambung perkataan pengasuhnya, Gala Sky juga menyebut bahwa saat ini mami dan papinya ada di surga. Gala Sky mengakhiri doanya dengan melafalkan “aamiin”.

Gala Sky sudah tumbuh jadi anak yang cerdas (https://www.instagram.com/galaasky/)
Gala Sky sudah tumbuh jadi anak yang cerdas (https://www.instagram.com/galaasky/)

Sebelum video berakhir, tampak Gala Sky yang berharap untuk bisa bermain lagi bersama kedua orang tuanya. Momen mengharukan tersebut lantas mampu membuat banyak warganet terenyuh dan menitikkan air mata. Sebagian lainnya mendoakan Gala Sky agar tumbuh menjadi anak yang saleh dan cerdas.

Mengajarkan seorang anak untuk berdoa memang termasuk suatu keutamaan, terutama dalam agama Islam. Dalam buku Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini yang disusun dan diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, disebutkan beberapa peran dari mengajarkan nilai-nilai agama kepada anak. Nilai-nilai agama terbukti merupakan pencegah yang efektif terhadap berbagai pengaruh negatif. Selain itu, mengajarkan nilai-nilai agama kepada anak dapat menumbuhkan budi pekerti secara universal.

Selain itu, menurut Syaikh ‘Abdussalâm as-Sulaymân dalam buku Panduan Mendidik Anak, jika orang tua ingin anaknya mendapatkan kebaikan dan kemuliaan di dunia dan akhirat, maka anak-anak perlu dibekali dengan cara membaca, menghafal, men-tadabburi, dan mengamalkan kitab suci.

Mendidik buah hati untuk dapat menghafal dan mengamalkan doa memang susah-susah gampang. Bunda dan Ayah perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar nantinya tidak mengalami kesulitan maupun salah menerapkan strategi saat membimbing anak untuk bisa berdoa.

Untuk dapat melatih anak untuk berdoa, Bunda dan Ayah dapat menerapkan beberapa tips berikut ini.


Tetap cantik bebas keriput meski momong anak? Dapatkan cara mudahnya di sini!
Tetap cantik bebas keriput meski momong anak? Dapatkan cara mudahnya di sini!

1. Bunda dapat mulai memperkenalkan doa kepada putra dan putri dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami. Misalnya, Bunda bisa menjelaskan bahwa doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Tuhan atau meminta pertolongan.

2. Beri contoh kepada putra dan putri tentang cara berdoa dengan mengajaknya untuk ikut serta ketika Bunda dan Ayah sedang berdoa. Bunda juga bisa membacakan doa-doa tertentu untuk anak agar ia bisa mengikuti dan belajar.

3. Ajarkan doa-doa dasar yang sesuai dengan usia anak. Misalnya, Bunda bisa mengajarkan doa sebelum makan atau doa sebelum tidur kepada anak yang baru senang mengulang-ulang hal yang didengarnya. Ketika anak sudah masuk Taman Kanak-kanak, Bunda dapat membimbingnya untuk mempelajari doa yang lebih panjang.

4. Latihlah putra-putri untuk rutin berdoa setiap hari. Ulang-ulanglah doa tersebut pada waktu yang tepat. Dengan terbiasa berdoa setiap hari, anak akan lebih mudah mengingat doa-doa yang telah dipelajari.

5. Bersikap santun dan tulus saat berdoa bersama anak. Sebaiknya Bunda dan Ayah tidak memaksa putra dan putri untuk berdoa jika mereka tidak mau. Ajaklah anak untuk ikut serta dengan cara yang lembut dan penuh kasih sayang. Dengan demikian, anak akan merasa nyaman dan tertarik untuk terus belajar dan berdoa bersama Bunda dan Ayah.

6. Terakhir, berikan pujian atau hadiah kepada anak setiap kali ia melakukan doa dengan benar. Pujian atau hadiah dapat menjadi apresiasi dan memberikan motivasi agar ia bisa lebih semangat mengamalkan doa yang telah dipelajari.


Mengajarkan doa kepada anak tidak mudah. Salah langkah bisa bikin stres. Cegah keriput dengan cara mudah ini!
Mengajarkan doa kepada anak tidak mudah. Salah langkah bisa bikin stres. Cegah keriput dengan cara mudah ini!

Kunci mengajarkan doa kepada anak adalah repetisi. Hendaknya Bunda selalu mengulang-ulang doa hingga putra dan putri paham dan hafal. Syaikh ‘Abdussalâm as-Sulaymân juga menyarankan agar apabila anak sudah mulai mengerti, maka sebaiknya Bunda dapat menjelaskan arti doa tersebut secara sederhana. Cara ini dilakukan agar anak tak hanya hafal, tetapi juga memahami makna doa yang dilantunkannya. (*NAFF/Flickr)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.