1 Februari 2023 1:59 pm

5 Bahaya “Blue Light” Cahaya dari HP Buat Wajah

5 Bahaya “Blue Light” Cahaya dari HP Buat Wajah
Handphone, HP, atau smartphone kini tak lagi terpisahkan dari rutinitas kehidupan manusia. HP memegang peranan penting dalam keseharian, mulai dari berkomunikasi dengan keluarga, bekerja, hingga menjadi sumber hiburan. Tak heran lagi apabila seseorang menghabiskan hampir separuh harinya menatap layar HP untuk melakukan beragam aktivitasnya.

Namun, Bunda perlu memperhatikan kembali durasi bermain HP. Gawai seperti HP sering disebut membahayakan indera penglihatan karena berpotensi membuat mata mengalami miopi atau rabun jauh. Tak hanya itu, HP pun berisiko untuk kulit. Dari layar HP memancar blue light, jenis cahaya dengan panjang gelombang yang sangat pendek yang terdapat dalam spektrum cahaya visible. Tak hanya HP, blue light dipancarkan oleh komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Lantas apa saja bahayanya untuk kulit? Berikut ini adalah 5 bahaya blue light bagi kulit yang dapat dialami jika Bunda terpapar terlalu banyak blue light dari layar HP atau perangkat elektronik lainnya.

1. Penuaan dini

Blue light dapat merusak lapisan elastin pada kulit yang bertanggung jawab untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Blue light juga dapat menyebabkan produksi radikal bebas. Akibatnya, penuaan dini dengan tanda-tanda berupa kerutan dan keriput bisa tampak di kulit wajah.

2. Pigmentasi

Blue light dapat meningkatkan produksi pigmen pada kulit, yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau tanda-tanda pigmentasi pada kulit. Hiperpigmentasi nantinya akan menimbulkan flek hitam lho, Bunda.

Kulit tetap cantik glowing meski main HP tiap hari? Cek caranya di sini!
Kulit tetap cantik glowing meski main HP tiap hari? Cek caranya di sini!

3. Inflamasi

Pancaran sinar blue light dapat meningkatkan inflamasi pada kulit, yang dapat menyebabkan jerawat meradang, kemerahan, dan iritasi. Iritasi pada kulit dapat berupa gatal-gatal dan kulit menjadi lebih sensitif.

4. Kerusakan DNA

Blue light dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sel-sel kulit, yang dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan pertumbuhan sel-sel kanker. Seramnya…

5. Penurunan produksi collagen

Produksi collagen dalam kulit dapat menurun karena blue light, lho, Bunda. Penurunan produksi collagen ini dapat menyebabkan kulit menjadi kendur, keriput, dan tidak elastis.

Ternyata ngeri juga ya akibat dari paparan blue light layar HP terhadap kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk mengurangi risiko terpapar terlalu banyak blue light dari layar ponsel atau perangkat elektronik lainnya, Bunda bisa menggunakan pelindung layar yang menyerap atau menyebar blue light, mengatur tingkat kecerahan layar Anda, mengaktifkan fitur eye care, dan menjauhkan diri dari layar HP sebelum tidur.

Harus pegang HP tiap hari karena tuntutan pekerjaan tapi nggak mau kulit keriput? Bisa kok, hanya dengan 1 cara ini!
Harus pegang HP tiap hari karena tuntutan pekerjaan tapi nggak mau kulit keriput? Bisa kok, hanya dengan 1 cara ini!

Bunda juga disarankan beristirahat dari bermain HP secara berkala. Selain itu, Bunda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi kerusakan, menetralisir radikal bebas, dan melindungi kulit dari efek buruk blue light. Dan, bila perlu Bunda dapat mengonsumsi suplemen collagen untuk meningkatkan produksi collagen yang berkurang akibat blue light HP. (*NAFF/Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.