28 Januari 2023 1:54 pm

5 Biota Laut yang Kurang Dikenal tapi Manfaatnya Tiada Tanding

5 Biota Laut yang Kurang Dikenal tapi Manfaatnya Tiada Tanding
Laut selalu menjadi bagian dari dunia yang tak pernah gagal membuat manusia merasa takjub. Selain keindahannya, laut juga menjadi tempat tinggal banyak sekali biota dengan segala peran dan manfaatnya.

Biota laut memiliki banyak variasi dan spesies yang berbeda, dengan kehidupan yang unik dan menarik. Mereka menjadi salah satu sumber makanan penting bagi manusia, dan juga memainkan peran penting dalam industri pariwisata dan penelitian ilmiah.

Namun, karena habitatnya yang di laut dan tidak berdampingan secara langsung dengan manusia yang tinggal di darat, masih banyak biota laut yang belum dieksplorasi. Biota laut yang dikenal orang-orang pun masih terbatas pada jenis-jenis ikan, khususnya ikan yang dapat dikonsumsi.

Padahal, ada banyak biota laut yang kurang dikenal tapi manfaatnya tiada tanding, terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Seperti kelima biota laut berikut yang mungkin belum pernah Bunda ketahui sebelumnya.

1. Chitin

Chitin, yang terkadang disatukan dengan chitosan, adalah sejenis protein yang terkandung dalam eksoskeleton hewan laut seperti udang, cumi-cumi, dan kepiting. Chitin yang harganya sedang melonjak ini menjadi salah satu komoditas yang paling dibutuhkan di Indonesia. Meskipun terkadang dianggap sebagai limbah, chitin memiliki manfaat yang besar. Chitin banyak digunakan dalam industri kesehatan dan farmasi, makanan, dan kosmetik.

Dalam bidang kesehatan, chitin dan chitosan berperan sebagai penghambat perkembangan sel kanker di lambung manusia dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara dalam industri pengolahan pangan, chitosan dapat meningkatkan daya awet berbagai produk pangan, misalnya bakso, mie, hingga sosis.

Protein dari eksoskeleton udang sangat bermanfaat (https://www.freepik.com/author/topntp26)
Protein dari eksoskeleton udang sangat bermanfaat (https://www.freepik.com/author/topntp26)

2. Spongia

Spongia adalah hewan laut yang tergolong dalam keluarga Porifera. Mereka memiliki banyak sel yang disebut choanocyte yang dapat memproduksi antibiotik alami. Spongia banyak digunakan dalam industri, farmasi, dan kosmetik.

Spongia digunakan sebagai bahan industri untuk produk-produk seperti sikat, spons cuci piring, dan produk kebersihan lainnya. Beberapa beberapa jenis spongia pun dapat dikonsumsi sebagai makanan, terutama di daerah-daerah tropis. Selain itu, beberapa jenis spongia mengandung senyawa yang dapat digunakan sebagai obat, seperti senyawa antiinflamasi dan antivirus.

3. Ascidiacea

Ascidiacea adalah kelas dari hewan laut yang disebut ascidians atau sea squirts. Mereka merupakan hewan invertebrata yang hidup di laut dan biasanya terdapat di dasar laut atau di permukaan dinding terumbu karang. Mereka juga banyak terdapat di perairan dangkal. Ascidiacea memiliki peran krusial bagi ekosistem laut. Selain itu, Ascidiacea juga bermanfaat untuk manusia.

Awet muda dengan bahan dari laut yang halal, aman, dan praktis. Simak infonya di sini!
Awet muda dengan bahan dari laut yang halal, aman, dan praktis. Simak infonya di sini!

Beberapa jenis ascidians diyakini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Misalnya, ascidians yang hidup di daerah tropis memiliki banyak sel yang dapat memproduksi zat-zat dapat digunakan sebagai obat antiinflamasi, antioksidan, antibiotik dan antikanker.

4. Macrocystis pyrifera

Giant kelp, rumput laut, atau yang bernama latin Macrocystis pyrifera adalah tumbuhan laut yang dapat tumbuh hingga panjang ribuan meter. Tumbuhan ini memiliki sifat antioksidan yang kuat, sehingga sering digunakan untuk memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Rumput laut juga berguna dalam membantu menurunkan berat badan sekaligus menstabilkan gula darah. Selain itu, rumput laut dikenal juga sebagai makanan dari laut yang dapat menjaga kesehatan usus, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mencegah risiko kanker tertentu.

5. Holothuria

Holothuria, yang dikenal juga sebagai gamat, teripang, atau timun laut adalah hewan laut yang tergolong dalam keluarga Holothuroidea. Hewan laut yang harganya cukup mahal ini banyak terdapat di perairan tropis dan memiliki banyak sel yang dapat memproduksi zat-zat yang bermanfaat bagi manusia, seperti antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-tumor. Selain itu, gamat emas dapat mempercepat penyembuhan luka hingga menurunkan kolesterol.

Gamat emas memiliki protein yang tinggi dengan lemak yang rendah serta kaya akan vitamin B2. Bunda juga harus tahu bahwa gamat emas sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit karena kandungan kolagennya yang sangat tinggi.

Awet muda dengan produk berbahan holothuria. Cek sekarang!
Awet muda dengan produk berbahan holothuria. Cek sekarang!

Hewan-hewan tadi ada yang sangat sulit ditemukan sehingga harganya sangat mahal. Tapi kita patut bersyukur karena tak perlu bersusah payah untuk mendapatkan manfaat dari kelima hewan laut di atas. Produk-produk yang menggunakan bahan dasar kelima hewan laut tersebut dapat dengan mudah kita dapatkan di pasaran. (*NAFF/ Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.