1 Februari 2023 2:08 pm

5 Perbedaan Flek Hitam dan Freckles: Jangan Sampai Salah Membedakan

5 Perbedaan Flek Hitam dan Freckles: Jangan Sampai Salah Membedakan
Ancaman dan bayang-bayang flek hitam kerap menghantui para wanita. Flek hitam yang muncul di kulit wajah merupakan salah satu tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu banyak wanita yang takut jika sudah muncul flek hitam di wajah.

Namun, banyak perempuan yang sering salah membedakan flek hitam dan freckles. Keduanya memang tampak mirip, bahkan penyebab munculnya pun serupa. Keduanya adalah dua jenis tanda pada kulit yang sering ditemukan pada orang-orang dengan kulit terpapar sinar matahari yang berlebihan. Flek hitam juga merupakan tanda pigmentasi pada kulit yang sering dikaitkan dengan tingkat produksi melanin atau pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara flek hitam dan freckles. Yuk, cek artikel ini, Bunda.

#1 Definisi

Flek hitam adalah tanda pada kulit yang terlihat lebih gelap daripada kulit sekitarnya. Flek hitam biasanya terjadi akibat penumpukan melanin, zat yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata.

Sementara itu, freckles, atau yang dikenal dengan istilah ephelides, adalah tanda pada kulit yang terdiri dari sel-sel kulit yang mengalami peningkatan produksi melanin.

Ngilangin flek itu gampang banget kalau sudah pakai produk ini!
Ngilangin flek itu gampang banget kalau sudah pakai produk ini!

#2 Tempat muncul

Flek hitam dapat muncul di mana saja pada tubuh, tetapi biasanya terlihat di wajah, lengan, dan tangan. Flek hitam pun biasanya terpusat pada satu area dan tidak tersebar secara merata. Flek hitam dapat terjadi pada semua orang, tetapi lebih sering terjadi pada orang dengan kulit yang lebih gelap, seperti orang Indonesia yang berkulit sawo matang.

Berbeda dengan flek hitam, freckles biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki kulit terbuka (terutama orang-orang yang memiliki rambut pirang, merah, atau cokelat). Orang-orang ras Kaukasoid, berkulit putih, atau bule, cenderung berpotensi memiliki freckles lebih besar. Freckles biasanya tersebar secara merata di wajah, leher, dan lengan atas yang terpapar sinar matahari.

#3 Penyebab

Flek hitam dapat muncul karena hal yang kompleks. Flek hitam, yang muncul “berkat” produksi yang berlebihan dari pigmen kulit bernama melanin, disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, penuaan, hormonal, dan faktor genetik. Flek hitam juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis kondisi kulit seperti melasma, nevus, dan hiperpigmentasi post-inflamasi.

Agak serupa, freckles juga dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, juga dapat disebabkan oleh faktor genetik. Paparan sinar matahari yang berlebihan ini akan berdampak pada orang dengan rambut pirang, merah, atau coklat. Freckles sering terjadi pada orang yang memiliki genetik yang membuat mereka memiliki kecenderungan untuk mendapatkannya. Selain itu, freckles yang diakibatkan oleh produksi yang berlebihan dari pigmen bernama pheomelanin ini dapat muncul pada usia muda.

#4 Ciri-ciri

Flek hitam biasanya berwarna hitam atau cokelat gelap dan terdapat pada area wajah, leher, tangan, dan lengan. Flek hitam biasanya lebih besar daripada freckles dan seringkali memiliki bentuk yang tidak teratur.

Sementara itu, freckles biasanya berwarna oranye, cokelat kemerahan, cokelat terang, hingga cokelat tua dan terlihat seperti tanda kecil yang tersebar di area kulit yang terpapar sinar matahari. Freckles biasanya berukuran lebih kecil dan memiliki bentuk yang lebih teratur, seperti bulatan atau ellips.

#5 Penanganan

Penanganan flek hitam jauh lebih mudah dibandingkan dengan freckles. Flek hitam dapat dihilangkan dengan menggunakan obat-obatan, laser, atau prosedur kosmetik. Bahkan, hanya dengan meningkatkan produksi collagen dalam tubuh pun dapat menyamarkan flek hitam.

Flek hitam hilang hanya dengan meningkatkan produksi collagen dalam tubuh! Buktikan sekarang dengan produk ini!
Flek hitam hilang hanya dengan meningkatkan produksi collagen dalam tubuh! Buktikan sekarang dengan produk ini!

Sedangkan freckles biasanya tidak dapat dihilangkan secara permanen dan hanya dapat ditutupi dengan menggunakan makeup atau sunscreen yang kuat.

Secara umum, flek hitam juga lebih mungkin terjadi pada orang dengan kulit yang lebih gelap, sementara freckles lebih mungkin terjadi pada orang dengan kulit yang lebih terang. Freckles cenderung tak akan terjadi pada kita, keturunan Indonesia yang memiliki kulit sawo matang. Freckles berpeluang lebih banyak dialami oleh bule atau orang-orang dengan kulit berwarna cerah dan berambut merah atau blonde. (*NAFF/Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.