28 Januari 2023 10:53 am

5 Tempat Terdingin di Dunia: Ekstrem Tapi Tetap Banyak Penduduknya!

5 Tempat Terdingin di Dunia: Ekstrem Tapi Tetap Banyak Penduduknya!
Tinggal di Indonesia merupakan sebuah berkah. Di Nusantara, kita memiliki suhu yang hangat dan matahari bersinar sepanjang tahun. Tak pernah kita alami badai salju maupun serangan panas yang sering menelan korban jiwa.

Akan tetapi, tak jarang kita merasa iri pada orang-orang yang tinggal di negara subtropis maupun kutub. Sebab, di sana mereka bisa merasakan turunnya salju. Sebagai negara tropis, salju mustahil untuk hadir di tengah-tengah kita, kecuali pada ketinggian tertentu.

Di dunia, ada banyak tempat terdingin yang akan membuat kita, penduduk negara tropis, merasa takjub. Suhu udara di tempat terdingin ini bisa mencapai puluhan derajat di bawah nol, membuatnya tidak layak untuk ditinggali oleh manusia. Suhu udara bisa sangat rendah sehingga tidak nyaman bagi manusia untuk tinggal atau bahkan bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan.

Meskipun suhu udara yang sangat dingin dapat menimbulkan banyak tantangan bagi kehidupan manusia, ada beberapa komunitas yang tinggal di tempat-tempat terdingin di dunia ini dan mengembangkan cara-cara unik untuk bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem. Banyak dari tempat ini terletak di wilayah kutub atau di daerah yang terisolasi di pegunungan. Apa saja tempat-tempat itu? Mari terus membaca hingga akhir.

1. Oymyakon

Kota Oymyakon ini terletak di Rusia dan merupakan bagian dari Republik Sakha. Oymyakon termasuk kota kecil terpencil dengan penduduk sebanyak 500 jiwa saja. Kota ini dinamai Oymyakon yang berarti danau yang beku. Akan tetapi, nama Oymyakon sebenarnya terinspirasi dari sungai.

Cuaca dingin berdampak buruk buat kulit. Pertahankan elastisitas kulit dengan satu cara praktis ini.
Cuaca dingin berdampak buruk buat kulit. Pertahankan elastisitas kulit dengan satu cara praktis ini.

Suhu di kota ini sangat rendah. Rekornya, pada 12 Juli 1983, tercatat suhu di kota ini jatuh hingga angka -89,2°C. Tidak ada minimarket di kota ini. Mereka hanya memiliki satu warung kelontong untuk memenuhi kebutuhan penduduknya.

2. Yakutia

Masih dari Rusia, Yakutia ini terletak di daratan Siberia. Saat musim dingin, suhu di Yakutia bisa turun mencapai -50°C hingga -71°C.

Musim panas di Yakutia hanya berlangsung selama tiga bulan. Sembilan bulan sisanya adalah musim dingin dengan suhu yang menusuk tulang. Musim panas adalah saatnya memanen beri liar untuk menjadi pasokan makanan selama musim dingin. Saat keluar rumah, para penduduk Yakutia terbiasa menggunakan pakaian berlapis-lapis untuk menghalau hawa dingin.

Ilustrasi wilayah terdingin di dunia (Credit jasper guy on Unsplash)
Ilustrasi wilayah terdingin di dunia (Credit jasper guy on Unsplash)

3. Verkhoyansk

Suhu dingin di Oymyakon dan Yakutia masih belum bisa dikalahkan oleh rekor suhu terendah yang pernah terekam di Verkhoyansk. Namun, kota ini tak kalah dinginnya. Kota yang juga terletak di Rusia ini berhasil mencatatkan rekor temperatur terendah -69.8ºC pada Februari 1892. Meskipun suhu dingin di kota ini termasuk ekstrem, masih ada 1.300 penduduk yang tinggal di sini.

4. Svalbard

Svalbard adalah sebuah kepulauan di Samudera Arktik yang terletak di utara Norwegia. Kepulauan ini terdiri dari beberapa pulau kecil yang tersebar di antara lautan yang membeku sepanjang tahun. Svalbard merupakan salah satu tempat terdingin di dunia, dengan suhu udara rata-rata 3-7°C selama musim panas dan mencapai hingga -20°C selama musim dingin.

Svalbard merupakan tempat tinggal bagi sekitar 2.700 orang, dengan sebagian besar penduduknya berasal dari Norwegia. Kepulauan ini juga merupakan tempat tinggal bagi sejumlah spesies hewan yang terkenal, seperti beruang kutub, belut arktik, dan burung pengembara.

5. Alaska

Alaska adalah negara bagian terbesar di Amerika Serikat yang terletak di kutub utara. Mengingat wilayah Alaska yang sangat luas, temperatur di sana berbeda-beda di setiap daerah. Daerah terdingin berada di Alaska bagian utara.

Meskipun cuaca dingin, kulit harus tetap halus dan terawat. Simak tipsnya di sini!
Meskipun cuaca dingin, kulit harus tetap halus dan terawat. Simak tipsnya di sini!

Pada beberapa pekan di musim dingin, matahari tidak bersinar sama sekali di Alaska bagian utara. Suhu Alaska utara dapat mencapai 2 °C dan salju sangat sering turun di sini.

Itulah lima tempat terdingin di dunia yang masih dihuni oleh penduduk. Bunda tertarik untuk menantang diri menghadapi suhu dingin di salah satu tempat tersebut? (*NAFF/Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.