10 Februari 2023 11:17 am

Perawatan Rumahan: Solusi Beralih dari Facial yang Perih dan Mahal

Perawatan Rumahan: Solusi Beralih dari Facial yang Perih dan Mahal
Merawat wajah telah menjadi kewajiban di masa sekarang ini. Memelihara kesehatan dan kecantikan kulit wajah dapat dilakukan dengan beragam cara, mulai dari menggunakan skincare hingga melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Ada berbagai macam opsi pilihan tindakan perawatan di klinik kecantikan. Namun di antara itu, salah satu tindakan perawatan paling populer dan ada di hampir setiap klinik kecantikan adalah facial.

Facial adalah serangkaian tindakan untuk memaksimalkan penampilan kulit dan merilekskan kulit. Perawatan ini terdiri dari banyak proses, seperti eksfoliasi kulit, mengangkat sel kulit mati, dan mengekstrasi komedo. Facial memiliki banyak manfaat. Untuk jangka pendek, facial dapat mencegah jerawat karena rangkaian pengangkatan komedonya. Sementara untuk jangka panjang, facial dapat membuat kulit lebih mulus dan mencegah penuaan dini.

Namun, tidak semua orang suka dan berani menjalani prosedur facial. Tahap pemijatan saat facial memang nyaman dan membuat tubuh lebih rileks. Tapi ketika tiba pada tahap ekstrasi komedo, rasa sakit itu akhirnya muncul. Bahkan, menurut artikel Halodoc yang ditinjau oleh dr. Rizal Fadli, tahap ekstraksi komedo dapat terasa tidak nyaman, terutama pada mereka yang berkulit tipis.

Setelah facial, wajah biasanya akan memerah selama beberapa waktu, bahkan bisa berhari-hari. Ditambah lagi, satu kali facial harganya cukup mahal, apalagi untuk facial yang membutuhkan rangkaian lengkap. Mengingat facial harus dilakukan secara rutin, tentu semakin banyak uang yang harus digelontorkan.

Namun, ada cara alternatif untuk merawat kulit tanpa harus datang ke klinik kecantikan untuk melakukan facial, yaitu melakukan facial secara mandiri di rumah. Cara-cara ini lebih tidak menyakitkan, relatif lebih terjangkau, dan bisa dilakukan di rumah. Yuk, intip apa saja perawatan kulit ini.

Cleansing

Tahap facial dimulai dengan membersihkan wajah. Biasanya wajah akan dibersihkan dengan milk cleanser dan toner. Bunda dapat menggunakan rangkaian pembersih wajah yang sudah dipunya, entah itu sabun wajah, oil cleanser, gel cleanser, maupun micellar water. Tujuan membersihkan wajah sebelum facial adalah membuat wajah bersih dari kotoran dan debu yang menempel di kulit.

Cantik glowing tanpa sakit harus disuntik hanya dengan bahan alami yang aman BPOM dan halal.
Cantik glowing tanpa sakit harus disuntik hanya dengan bahan alami yang aman BPOM dan halal.

Peeling atau exfoliating

Rangkaian ini bertujuan untuk membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati dan keratin yang terakumulasi. Kulit harus secara rutin dibersihkan dari sel kulit mati agar tidak memicu penyumbatan sel yang dapat menyebabkan jerawat hingga flek hitam. Bunda bisa menggunakan skincare dengan kandungan alpha hydroxy acid (AHA) atau beta hydroxy acid (BHA). Pilihan lainnya adalah melakukan scrub kulit secara teratur dan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang mengandung retinol.

Massage atau perawatan pijat wajah

Salah satu rangkaian facial adalah melakukan massage atau pemijatan di wajah. Fungsi pemijatan ini bisa membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi peradangan, serta membantu dalam mengurangi kerutan dan keriput. Untuk melakukan massage ini Bunda dapat menggunakan face roller. Biasanya face roller berbahan batu giok atau jade yang sejak lama digunakan sebagai alat pijat tradisional di Tiongkok.

Masker

Setelah komedo diekstraksi, biasanya wajah akan dibaluri masker untuk membantu memenangkan wajah yang memerah. Masker yang digunakan biasanya tidak mengandung butiran-butiran scrub agar tidak semakin menggores wajah. Bunda bisa menggunakan masker secara mandiri. Utamakan masker yang memberikan efek soothing atau menenangkan, yang biasanya menggunakan bahan aloe vera, collagen, atau mugwort.

Cantik tanpa suntik? Bisa banget! Pakai bahan alami lagi. Cek detailnya dengan klik gambar.
Cantik tanpa suntik? Bisa banget! Pakai bahan alami lagi. Cek detailnya dengan klik gambar.

Wah, ternyata kita bisa melakukan facial secara mandiri di rumah tanpa perlu merasa sakit dan keluar uang banyak. Setelah melakukan facial, segera lakukan tindakan yang tepat untuk menenangkan wajah. Jika perlu, Bunda dapat mempercepat pembentukan sel baru dan mencegah masalah-masalah wajah, seperti flek hitam, komedo, dan penumpukan sel kulit mati. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi collagen tambahan yang dapat menunjang kecantikan dan kesehatan kulit. (*NAFF/Freepik)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.