11 Februari 2023 9:46 am

Pori-pori Tersumbat Bikin Bruntusan, Ini 6 Cara Hempaskannya

Pori-pori Tersumbat Bikin Bruntusan, Ini 6 Cara Hempaskannya
Merawat wajah memang gampang-gampang susah. Ada berbagai macam permasalahan kulit yang bisa membuat wajah jadi tidak bersih dan menarik. Problem yang paling umum dialami oleh manusia, entah yang laki-laki maupun perempuan, adalah jerawat. Selain jerawat, ada pula istilah yang cukup ngetren beberapa waktu belakangan ini, yakni bruntusan.

Secara medis, tidak ada istilah bruntusan. Namun, bruntusan dideskripsikan sebagai keadaan kulit yang tidak rata dan ketika disentuh atau diraba rasanya seperti ada bintik-bintik kecil di permukannya. Bruntusan tidak nyeri maupun gatal seperti jerawat. Pun bruntusan tidak menyebabkan dampak yang serius terhadap kesehatan. Akan tetapi, bruntusan memang memengaruhi penampilan.

Bruntusan umumnya muncul di area T wajah, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Namun, bruntusan juga bisa muncul di punggung dan dada.

Penyebab Bruntusan

Menurut artikel yang ditulis oleh dr. Listya Paramita, Sp.KK dan dipublikasikan melalui laman HelloSehat, penyebab utama bruntusan adalah komedo. Komedo terbentuk akibat penumpukan sel-sel kulit mati dan sebum di kulit. Penyumbatan pori-pori disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

• Reaksi alergi terhadap produk kosmetik atau obat-obatan
• Polusi udara
• Perubahan hormon
• Stres
• Tidak menjaga kebersihan kulit

Sementara itu, Tim Medis KlikDokter memiliki beberapa pendapat tambahan. Bruntusan juga dapat disebabkan oleh:

• Penggunaan masker
• Kurang tidur
• Kulit kering
• Menyentuh wajah dengan tangan kotor
• Makanan dengan kandungan gula tinggi
• Merokok

Waduh, ternyata penyebab bruntusan cenderung sangat sepele dan mungkin sering kita lakukan di keseharian ya, Bunda.

Cara Mengatasi Bruntusan

Jika sudah telanjur memiliki kulit yang bruntusan, tentu kita jadi merasa kurang percaya diri dan kadang sedih saat bercermin. Masalah-masalah remeh ternyata berdampak besar pada kemulusan kulit.

Namun jangan terlalu bersusah hati, Bunda. Ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk menghempaskan bruntusan dari kulit wajah. Seperti ini caranya.

Kulit kasar karena bruntusan? Tangani pakai bahan herbal yang no efek samping ini aja!
Kulit kasar karena bruntusan? Tangani pakai bahan herbal yang no efek samping ini aja!

1. Membersihkan wajah secara teratur

Kebersihan wajah harus selalu terjaga agar terhindar dari bruntusan. Setiap selesai melakukan aktivitas, jangan lupa untuk menghapus make up dan mencuci wajah. Bunda bisa menggunakan bermacam-macam produk pembersih wajah, mulai dari facial wash atau sabun muka, milk cleanser, oil cleanser, cleanser balm, hingga cleanser pad. Tinggal sesuaikan dengan kecocokan kulit Bunda dengan produk-produk pembersih tadi.

2. Menjaga kulit tetap lembap dan bersih

Setelah membersihkan wajah, keringkan wajah dan aplikasikan pelembap. Pelembap penting untuk mengunci kelembapan pada kulit wajah. Kulit yang tidak lembap akan lebih rentan mengalami bruntusan. Pilihlah pelembap yang mengandung bahan hyaluronic acid, ceramide, atau shea butter.

3. Menghindari produk kosmetik yang tidak cocok

Produk skincare selain sabun muka dan pelembap yang Bunda gunakan juga harus sesuai dengan tipe kulit. Terlebih lagi jika Bunda memiliki kulit sensitif. Ketelitian dan selektif menjadi kunci utama. Lalu, jika Bunda memiliki kulit berminyak, jangan gunakan produk untuk kulit kering karena dapat membuat kulit semakin berminyak. Begitu juga sebaliknya.

4. Mengubah gaya hidup seperti menghindari rokok dan mengurangi polusi udara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rokok dan polusi udara dapat memicu bruntusan. Maka, hindarilah asap rokok sebisa mungkin. Selain itu, saat berkendara dengan motor, gunakan masker untuk meminimalisasi polusi udara yang menerpa kulit wajah.

5. Menghindari makanan yang dapat menyebabkan alergi

Makanan tinggi gula dapat memunculkan bruntusan. Yuk, jalani diet sehat dengan mengurangi asupan gula ke tubuh. Bonusnya tubuh bisa terhindar dari diabetes.


Kulit halus lembut bikin suami terpana! Rawat kulitmu pakai bahan alami ini aja!
Kulit halus lembut bikin suami terpana! Rawat kulitmu pakai bahan alami ini aja!

6. Menghindari sinar matahari yang berlebihan

Hal ini bukan berarti Bunda harus mengurung diri di rumah sepanjang hari. Sinar matahari tetap diperlukan oleh tubuh untuk mendapatkan asupan vitamin D. Namun, sebelum keluar rumah Bunda harus membekali kulit dengan sunscreen agar kulit tidak gosong dan kering yang nanti bisa jadi menimbulkan bruntusan. (*NAFF/Freepik)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.