28 Januari 2023 11:49 am

Tetap Bisa Work Out: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil

Tetap Bisa Work Out: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil
Saat sedang mengandung, ibu hamil sering diwanti-wanti untuk tidak melakukan aktivitas yang berat. Terkadang, olahraga pun dilewatkan oleh ibu hamil karena khawatir merasa kelelahan.

Sebenarnya, banyak olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, tergantung pada kondisi fisik dan kehamilan masing-masing. Olahraga merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, terutama jika dilakukan secara teratur.

Olahraga teratur dapat membantu ibu hamil menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan energi, mengurangi risiko masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan, hipertensi, dan diabetes gestasional, serta membantu ibu hamil merasa lebih sehat secara mental dan fisik selama masa kehamilan. Berikut beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh Bunda yang sedang mengandung.

1. Berjalan kaki

Olahraga yang paling sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah berjalan. Berjalan mudah dilakukan, efektif, dan aman bagi ibu hamil. Berjalan setiap hari dapat membantu meningkatkan kekuatan kaki, mengurangi risiko kelelahan, meningkatkan sirkulasi darah, serta membantu menjaga kondisi fisik dan mental.

Ibu hamil harus selalu bugar demi kelancaran saat bersalin dan kesehatan jabang bayi. Simak cara tingkatkan kebugaran bumil di sini!
Ibu hamil harus selalu bugar demi kelancaran saat bersalin dan kesehatan jabang bayi. Simak cara tingkatkan kebugaran bumil di sini!

2. Senam hamil

Senam hamil merupakan kegiatan yang dirancang khusus untuk ibu hamil, yang mencakup berbagai macam gerakan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan.

3. Yoga

Mengombinasikan gerakan fisik, pernapasan, dan meditasi, yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Yoga juga meningkatkan konsentrasi dan relaksasi. Bunda harus memastikan untuk tidak melakukan gerakan yang berisiko tinggi selama latihan yoga. Beberapa pose yoga yang aman bagi ibu hamil adalah pose perut bawah, pose perut atas, dan pose sisi.

4. Renang

Aman, efektif, dan menyenangkan, renang bisa jadi pilihan bagi Bunda. Olahraga di kolam renang merupakan pilihan yang baik bagi ibu hamil karena beban gravitasi tubuh berkurang di dalam air. Renang mengurangi tekanan pada tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Renang juga dapat membantu ibu hamil merasa lebih segar dan menjaga kebugaran.

5. Pilates

Pilates kerap disamakan dengan yoga. Meski sebenarnya berbeda, yoga dan pilates sama-sama bermanfaat dan dapat dilakukan oleh ibu hamil. Pilates mengutamakan kontrol dan keseimbangan tubuh. Olahraga ini sangat baik untuk memperkuat otot-otot dasar dan membantu ibu hamil menjaga keseimbangan, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh selama kehamilan.

Selama hamil, rahim harus selalu kuat dan janin selalu sehat. Yuk, jaga kesehatan selama hamil bersama tips berikut ini.
Selama hamil, rahim harus selalu kuat dan janin selalu sehat. Yuk, jaga kesehatan selama hamil bersama tips berikut ini.

Untuk menjaga kondisi fisik agar tetap prima, Bunda dapat melakukan lima olahraga di atas masa mengandung. Namun, sebelum memulai olahraga apapun, Bunda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa olahraga tersebut aman untuk dilakukan selama kehamilan. Sebab, kondisi fisik setiap ibu hamil berbeda-beda. Penting juga untuk memilih olahraga yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan kondisi kesehatan ibu hamil dan beristirahat ketika mengalami kelelahan. (*NAFF/Unsplash)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.