11 Februari 2023 8:45 am

Rawat Kulit Kering Tanpa Repot dengan 7 Cara Ini

Rawat Kulit Kering Tanpa Repot dengan 7 Cara Ini
Di artikel sebelumnya, kita sudah sama-sama mengenal tipe kulit berminyak dan rentan berjerawat, atau yang disebut juga dengan oily acne prone. Tipe kulit tersebut memiliki tekstur kulit yang lembap, halus, serta terlihat licin di permukaannya. Pori-pori kulit berminyak juga cenderung lebih besar dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Selain itu, tipe kulit berminyak pun lebih rentan terkena jerawat dan komedo.

Nah, setelah mengenai tipe kulit berminyak, kini saatnya kita berkenalan dengan tipe kulit yang lain, yaitu tipe kulit kering. Tipe kulit yang satu ini memang sangat berbeda dengan tipe kulit berminyak.

Tipe kulit kering adalah jenis kulit yang memiliki produksi minyak yang rendah, sehingga kulit sering kali terasa kering, kasar, atau gatal dan tampak kurang elastis. Kulit kering juga cenderung lebih rentan terhadap keriput dan kerutan. Penyebab utama kulit kering dapat disebabkan oleh faktor iklim yang kering, produk perawatan kulit yang tidak sesuai, genetik, atau kondisi kesehatan tertentu.

Untuk mengatasi kulit kering, disarankan untuk menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap dan menghindari mandi dengan air yang terlalu panas. Namun, masih ada cara-cara lain yang dapat membantu merawat kulit kering. Lebih lengkapnya, ini dia cara merawat kulit kering yang tepat dan efektif.

Gunakan pelembap

Jagalah keseimbangan air dalam kulit dengan menggunakan pelembap yang cocok dengan jenis kulit. Gunakan tiap kali selesai mandi atau membersihkan wajah.

Mandi air hangat

Jangan terlalu sering mandi dengan air panas yang terlalu panas ya, Bunda. Sebab, hal ini dapat mengeringkan kulit. Sangat disarankan untuk mandi dengan air yang hangat saja.

Bersihkan kulit tanpa berlebihan

Hindari menggosok kulit secara keras saat membersihkan atau mengeringkan kulit. Selain itu, terlalu sering mandi dan mandi dengan durasi terlalu lama juga dapat membuat kulit semakin kering.

Merawat kulit kering memang tricky dan susah. Tapi nggak perlu khawatir lagi karena semuanya bisa diatasi dengan bahan alami ini. Cek info selengkapnya dengan klik gambar.
Merawat kulit kering memang tricky dan susah. Tapi nggak perlu khawatir lagi karena semuanya bisa diatasi dengan bahan alami ini. Cek info selengkapnya dengan klik gambar.

Gunakan sabun dan skincare yang lembut

Singkirkan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia yang keras dari meja rias Bunda. Hindari juga terlalu sering menggunakan sabun yang dapat menganggu keseimbangan pH kulit.

Menghindari paparan sinar matahari

Agar kulit tidak semakin kering yang dapat menyebabkan kerutan dan keriput, lindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang terpancar dari matahari. Gunakan sunscreen yang cocok dengan kulit untuk melindungi kulit.

Memakan makanan yang menutrisi kulit

Untuk meningkatkan kelembapan kulit, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan antioksidan, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Konsumsi juga makanan yang kaya akan vitamin E dan asam lemak, seperti kacang-kacangan, ikan, dan biji-bijian. Vitamin E dapat meningkatkan kesehatan kulit. Jangan lupa untuk minum cukup air untuk menjaga kulit tetap lembap.

Jaga kelembapan udara

Jika udara dirasa terlalu kering dan gerah, segeralah tingkatkan kelembapannya. Bukan dengan menghidupkan AC. Menjaga kelembapan udara di rumah untuk menghindari pemanasan yang berlebihan adalah dengan menggunakan humidifier.

Ketujuh tips di atas dapat dilakukan oleh Bunda yang memiliki kulit kering. Satu hal yang sangat penting dalam merawat kulit kering adalah pilihan skincare dan produk perawatan kult lainnya. Sebelum memilih skincare, Bunda harus terlebih dulu mengetahui bahan-bahan skincare yang tepat untuk kulit kering seperti ini.

1. Glycerin: melembapkan kulit dan menjaga kelembapan alami kulit
2. Hyaluronic acid: menyimpan kelembapan pada kulit
3. Ceramides: membantu meningkatkan skin barrier sehingga mengurangi risiko hilangnya kelembapan dari kulit
4. Niacinamide: meningkatkan produksi ceramides dan mengurangi kerusakan skin barrier
5. Asam lemak esensial: membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menjaga kelembapan alami kulit
6. Vitamin E: melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas dan meningkatkan kekenyalan kulit
7. Minyak nabati, seperti minyak kelapa atau minyak almond: meningkatkan kelembapan dan melembutkan kulit.

Lembap terawat tanpa gonta-ganti skincare dan bahan kimia lainnya? Pakai aja produk herbal ini. Sudah BPOM dan halal.
Lembap terawat tanpa gonta-ganti skincare dan bahan kimia lainnya? Pakai aja produk herbal ini. Sudah BPOM dan halal.

Selain itu, jika Bunda memiliki kulit kering, usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol atau alpha hydroxy acid (AHA). Sebab, produk perawatan kulit dengan kedua bahan tadi akan membuat kulit semakin kering dan bisa membuat kulit mengelupas. (*NAFF/Freepik)
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0856-4184-0158
0856-4184-0158
Metode Pengiriman
-
-
-
@2024 Newcolla Official Inc.